LBH  GAJAH MADA SATYA DHARMA

LawFirm Sang Pemersatu Bangsa Membuka Diklat Paralegal

Jakarta –  SPB.Com

Dalam upaya meningkatkan kemampuan hukum masyarakat umum, Lawfirm Sang Pemersatu Bangsa memandang perlu membuka Pelatihan dan Pendidikan (diklat) Paralegal.

Lawfirm Sang Pemersatu Bangsa berencana membuka pendaftaran Pendidikan dan Pelatihan Paralegal di dua provinsi sekaligus. Pendaftaran Pendidikan dan Pelatihan dibuka di Jakarta dan Jawa Timur untuk sementera, Pendidikan Paralegal kali ini sangat berbeda, sebab peserta juga dilatih keahlian untuk menulis sebagai jurnalis.

Dewan Pendiri Lawfirm Sang Pemersatu Bangsa, Drs Bambang Diponegoro, Msc, menyampaikan, untuk mencetak kemampuan hukum masyarakat umum, maka pihaknya akan membekali paralegal dengan pengetahuan dasar hukum dan jurnalis. Sehingga tercipta masyarakat yang kritis yang dapat melindungi haknya, mampu membuat solusi dan/atau strategi dalam penyelesaian kasus-kasus yang berhadapan dengan hokum.

” Diharapkan dari pendidikan ini akan memberikan keterampilan dalam melakukan advokasi yang berkaitan dengan penerapan norma-norma hukum, Serta membentuk jaringan antar Paralegal lintas sektor dan membentuk posko-posko bantuan hukum, sehingga dapat menjadi ”unit reaksi cepat” dan, atau menjadi pertolongan pertama pada kasus serta kejadian yang mereka hadapi,” Ucap Bapak Dipo Panggilan akrab Pendiri yang sekaligus Komisaris Badan Hukum etabloidfbi.com / Sabtu (25/01/2020).

Lebih Lanjut Beliau menjelaskan, jaminan atas hak bantuan hukum merupakan implementasi dari prinsip persamaan dihadapan hukum (equality before the law) sebagaimana amanat konstitusi dalam Pasal 28D ayat (1) dan Pasal 28H ayat (2) UUD1945.

“ Negara terutama pemerintah sebagai penyelenggaran negara memiliki tanggung jawab dalam pemenuhan hak atas bantuan hukum sebagai hak konstitusional warga negara. Berdasarkan pertimbangan inilah maka kami akan menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Paralegal dan Jurnalis,” tegasnya.

Dijelaskan pula, Bahwa bantuan hukum diberikan oleh lembaga bantuan hukum atau organisasi kemasyarakatan yang memberi layanan bantuan hukum, yang meliputi ; menjalankan kuasa, mendampingi, mewakili, membela, dan/atau melakukan tindakan hukum lain untuk kepentingan hukum penerima bantuan hukum.

Dalam pelaksanaannya, lanjutnya, pemberi bantuan hukum diberikan hak melakukan rekrutmen terhadap Advokat, Paralegal (masyarakat umum), Dosen, dan Mahasiswa Fakultas Hukum. Inilah bentuk legitimasi yuridis terhadap eksistensi Paralegal dalam pemberian layanan bantuan hukum bagi masyarakat miskin atau kelompok masyarakat miskin yang berhadapan dengan masalah hukum.

“ Guna menghadapi tantangan tersebut, maka kedepan Paralegal harus memiliki kapasitas dan integritas yang kuat, sehingga kader-kader Paralegal perlu mendapatkan pendidikan secara komprehensif dan berkelanjutan, baik mengenai pengetahuan hukum dasar, keterampilan maupun nilai etis seorang Paralegal,” terangnya.

Dengan demikian, masih kata Drs Bambang Diponegoro , sangat perlu kiranya lembaga pemberi bantuan hukum untuk segera mempersiapkan adanya lembaga pendidikan khusus bagi Paralegal sebagai wadah untuk melahirkan kader-kader Paralegal handal.

“ Disamping itu, perlu dipertegas ruang lingkup atau batasan peran dan tugas Paralegal agar tidak disalah artikan sebagai sebuah pekerjaan atau profesi,” Imbuhnya

Pendaftaran Pendidikan dan Pelatihan dibuka di KANTOR HUKUM ” SANG PEMERSATU BANGSA

Jalan Lurah Disah – Pisangan, Ciputat Timur, dan rencananya akan digelar pada bulan MARET 2020,. Untuk mengoptimalkan kegiatan ini, panitia membatasi kuota peserta maksimal hingga 30 orang saja.

Informasi lebih lanjut dapat mengubungi Contack Person : 081290663586 (Anang) Atau Langsung Isi Formulir di Kantor Hukum Sang Pemersatu Bangsa. (AE)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *