LBH  GAJAH MADA SATYA DHARMA

Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

 

Herman Y Simarmata, Bc.I.P. S.H, M.H Ketua LBH  GAJAH MADA SATYA DHARMA

Hai…Hai…Para Sobat….

Kali ini Saya, Herman Y Simarmata, Bc.I.P. S.H, M.H Ketua LBH  GAJAH MADA SATYA DHARMA, menyampaikan, ” Tiada seorangpun manusia yang dapat hidup di dunia dengan kesewenang-wenangan, Berdasarkan hal tersebut, keadilan merupakan suatu prinsip moral yang bersifat universal, karena di dalamnya terkandung nilai-nilai pokok yang dibutuhkan seluruh ummat manusia”.

” Hak asasi manusia. Menurut saya, pasal 28D Ayat 1 lah yang paling sering tidak dianggap penting. Pasal tersebut berbunyi: “Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum”.

Keadilan merupakan kondisi dimana kebenaran secara moral mengenai sesuatu hal. Keadilan merupakan suatu hal yang penting dalam kehidupan, termasuk dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam suatu negara, keadilan merupakan suatu hal yang harus diperhatikan.

Hal ini tentu saja menjadi tantangan yang harus diselesaikan oleh pemerintah Indonesia, khususnya para penegak hukum. Keadilan harus ditegakkan di Indonesia, tidak peduli dengan derajat orang itu, apakah ia pejabat tinggi, atau hanya rakyat kelas bawah. Karena sesungguhnya, prinsip keadilan sudah menjadi bagian dari dasar negara Indonesia yang tercantum dalam Pancasila sila ke-5, yaitu “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *